2 Tawarikh 1:3
Konteks1:3 Lalu pergilah Salomo bersama-sama dengan segenap jemaah itu ke bukit pengorbanan yang di Gibeon, e sebab di situlah Kemah Pertemuan f Allah yang dibuat Musa, g hamba TUHAN itu, di padang gurun.
2 Tawarikh 1:15
Konteks1:15 Raja membuat banyaknya emas v dan perak di Yerusalem sama seperti batu, dan banyaknya pohon kayu aras sama seperti pohon ara yang tumbuh di Daerah Bukit.
2 Tawarikh 6:12
Konteks2 Tawarikh 7:1
Konteks2 Tawarikh 7:21
Konteks7:21 Dan setiap orang yang lewat rumah yang amat ditinggikan ini, akan tertegun g dan berkata: h Apakah sebabnya TUHAN berbuat yang demikian kepada negeri ini dan kepada rumah ini?
2 Tawarikh 8:7
Konteks8:7 Semua orang yang masih tinggal dari orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, n yang tidak termasuk orang Israel,
2 Tawarikh 9:19
Konteks9:19 sedang dua belas singa berdiri di atas keenam tingkat itu sebelah-menyebelah; belum pernah diperbuat yang demikian bagi sesuatu kerajaan.
2 Tawarikh 10:8
Konteks10:8 Tetapi ia mengabaikan g nasihat yang diberikan para tua-tua h itu, lalu ia meminta nasihat kepada orang-orang muda yang sebaya dengan dia dan yang mendampinginya,
2 Tawarikh 11:16-17
Konteks11:16 Dari segenap suku Israel x orang datang ke Yerusalem mengikuti orang-orang Lewi itu, yakni orang yang telah membulatkan hatinya untuk mencari TUHAN 2 Allah Israel; dan mereka datang untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah nenek moyang mereka. 11:17 Demikianlah mereka memperkokoh y kerajaan Yehuda dan memperkuat pemerintahan Rehabeam bin Salomo selama tiga tahun, karena selama tiga tahun mereka hidup mengikuti jejak Daud dan Salomo.
2 Tawarikh 12:9
Konteks12:9 Maka majulah Sisak, raja Mesir itu, menyerang Yerusalem. Ia merampas barang-barang perbendaharaan rumah TUHAN dan barang-barang perbendaharaan rumah raja; semuanya dirampasnya. Ia merampas juga perisai-perisai u emas yang dibuat Salomo.
2 Tawarikh 12:12
Konteks12:12 Oleh sebab raja merendahkan diri, v surutlah murka TUHAN dari padanya, sehingga ia tidak dimusnahkan-Nya sama sekali. Lagipula masih terdapat hal-hal yang baik w di Yehuda.
2 Tawarikh 13:5
Konteks13:5 Tidakkah kamu tahu, bahwa TUHAN Allah Israel telah memberikan kuasa kerajaan atas Israel kepada Daud dan anak-anaknya untuk selama-lamanya h dengan suatu perjanjian garam? i
2 Tawarikh 14:1
Konteks14:1 Kemudian Abia mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud. Maka Asa, anaknya, menjadi raja menggantikan dia. Pada zaman pemerintahannya negeri itu aman selama sepuluh tahun.
2 Tawarikh 16:1
Konteks2 Tawarikh 20:34
Konteks20:34 Selebihnya dari riwayat Yosafat, dari awal sampai akhir, sesungguhnya semuanya itu tertulis di dalam riwayat Yehu l bin Hanani, yang tercantum di dalam kitab raja-raja Israel.
2 Tawarikh 21:1
Konteks21:1 Kemudian Yosafat mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di samping nenek moyangnya di kota Daud. Maka Yoram, p anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
2 Tawarikh 21:3
Konteks21:3 Ayahnya memberikan kepada mereka banyak pemberian, q berupa emas dan perak dan barang-barang berharga, juga kota-kota r berkubu di Yehuda. Tetapi kedudukan raja diberikannya kepada Yoram, karena dialah anak sulungnya.
2 Tawarikh 23:3
Konteks23:3 Lalu seluruh jemaah itu mengikat perjanjian x dengan raja di rumah Allah. Kata Yoyada kepada mereka: "Lihatlah, anak raja! Biarlah ia memerintah, seperti yang telah difirmankan TUHAN tentang anak-anak Daud! y
2 Tawarikh 25:9
Konteks25:9 Lalu kata Amazia kepada abdi Allah itu: "Bagaimana dengan seratus talenta yang telah kuberikan kepada pasukan-pasukan Israel itu?" Jawab abdi Allah itu: "TUHAN dapat memberikan lebih dari pada itu u kepadamu!"
2 Tawarikh 26:23
Konteks26:23 Kemudian Uzia c mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di samping nenek moyangnya di ladang dekat pekuburan raja-raja, karena ia berpenyakit kusta, kata orang. Maka Yotam, anaknya, menjadi raja d menggantikan dia.
2 Tawarikh 28:12
Konteks28:12 Lalu bangkitlah beberapa pemimpin bani Efraim, yakni: Azarya bin Yohanan, Berekhya bin Mesilemot, Yehizkia bin Salum dan Amasa bin Hadlai menghadapi orang-orang yang pulang dari perang,
2 Tawarikh 28:24
Konteks28:24 Ahas mengumpulkan perkakas-perkakas s rumah Allah t dan menghancurkannya. Ia menutup pintu u rumah TUHAN, lalu membuat mezbah-mezbah v bagi dirinya di segenap penjuru Yerusalem.
2 Tawarikh 28:27
Konteks28:27 Kemudian Ahas mendapat perhentian w bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan dikuburkan x di dalam kota, di Yerusalem; tetapi ia tidak dibawa ke pekuburan raja-raja Israel. Maka Hizkia, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
2 Tawarikh 31:18
Konteks31:18 Para imam terdaftar dengan seluruh keluarga mereka, yakni isteri, anak laki-laki dan perempuan, seluruh kaum itu, karena dengan setia mereka menguduskan diri untuk persembahan kudus.
2 Tawarikh 32:9
Konteks32:9 Sesudah itu Sanherib, raja Asyur, yang sedang mengepung Lakhis j dengan seluruh kekuatan tentaranya, mengutus beberapa pegawai ke Yerusalem, kepada Hizkia, raja Yehuda, dan kepada semua orang Yehuda yang ada di Yerusalem, dengan pesan:
2 Tawarikh 32:27
Konteks32:27 Hizkia mendapat kekayaan dan kemuliaan e yang sangat besar. Ia membuat perbendaharaan-perbendaharaan untuk emas, perak, batu permata yang mahal-mahal, rempah-rempah, perisai-perisai dan segala macam barang yang indah-indah,
2 Tawarikh 32:31
Konteks32:31 Demikianlah juga ketika utusan-utusan raja-raja Babel j datang kepadanya untuk menanyakan tentang tanda ajaib k yang telah terjadi di negeri, ketika itu Allah meninggalkan dia untuk mencobainya 3 , l supaya diketahui segala isi hatinya.
2 Tawarikh 33:18
Konteks33:18 Selebihnya dari riwayat Manasye, doanya kepada Allahnya, dan ucapan-ucapan para pelihat yang berkata-kata kepadanya dengan nama TUHAN, Allah Israel, sesungguhnya semuanya itu terdapat dalam riwayat raja-raja Israel.
2 Tawarikh 35:6
Konteks35:6 Sembelihlah domba Paskah, kuduskanlah dirimu, y dan adakanlah persiapan bagi saudara-saudaramu, supaya dilakukan apa yang difirmankan TUHAN dengan perantaraan Musa."
[7:1] 1 Full Life : KEMULIAAN TUHAN.
Nas : 2Taw 7:1
"Kemuliaan Tuhan" mengacu kepada manifestasi nyata dari kehadiran dan kemegahan Allah
(lihat art. KEMULIAAN ALLAH).
[11:16] 2 Full Life : MEMBULATKAN HATINYA UNTUK MENCARI TUHAN.
Nas : 2Taw 11:16
Yerobeam dan kerajaan utara meninggalkan penyembahan kepada Tuhan sebagaimana dinyatakan dalam Firman dan perjanjian-Nya lalu menggantikannya dengan penyembahan berhala
(lihat cat. --> 1Raj 12:28).
[atau ref. 1Raj 12:28]
- 1) Karena alasan ini semua pihak yang ingin tetap setia kepada Allah
meninggalkan rumah mereka, memisahkan diri dari kerajaan utara dan
bergabung dengan kerajaan selatan (ayat 2Taw 11:14,17). Tantangan
untuk tetap setia kepada Allah di tengah-tengah kemurtadan atau
kemerosotan moral sering kali dihadapi umat Allah sepanjang sejarah
penebusan
(lihat cat. --> Wahy 2:7).
[atau ref. Wahy 2:7]
- 2) Kesetiaan dan komitmen kepada Allah dan Firman-Nya adakalanya
berarti harus memisahkan diri dari gereja dan bergabung atau membentuk
gereja lainnya yang setia kepada penyataan Allah yang asli dan mendasar
di dalam Kristus
(lihat cat. --> Mat 21:43
[atau ref. Mat 21:43]
mengenai ajaran Yesus Kristus bahwa kerajaan Allah akan diambil dari orang yang tidak beriman dan diberikan kepada mereka yang menanggapi Injil;lihat cat. --> Ef 4:13;
[atau ref. Ef 4:13]
lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).
[32:31] 3 Full Life : UNTUK MENCOBAINYA.
Nas : 2Taw 32:31
Kisah mengenai urusan Hizkia dengan utusan-utusan Babel terdapat dalam 2Raj 29:12-19 dan pasal Yes 39:1-8. Allah kadang-kadang menarik tanda-tanda kedekatan dan perkenan-Nya supaya menguji hati dan keteguhan kepercayaan hamba-hamba pilihan-Nya. Allah dapat juga menguji kemurnian pengabdian orang percaya supaya melatih mereka dalam kerendahan hati dan mempersiapkan mereka untuk tugas atau tanggung jawab yang lebih besar.
- 1) Beberapa cara Allah menguji umat-Nya ialah dengan
- (a) keadaan buruk yang tak kunjung berakhir, seperti Yusuf di Mesir (Kej 39:1-40:23),
- (b) penderitaan jasmaniah atau emosional, seperti Ayub (Ayub 1:1-2:13),
- (c) penundaan penggenapan janji-janji Allah, seperti Abraham dan Sara (pasal Kej 15:1-21:34) dan mimpi-mimpi Yusuf (Kej 37:1-36; 42:6; bd. Mazm 105:17-19),
- (d) ujian ketaatan yang sulit, seperti Abraham dengan Ishak (Kej 22:1-24) atau Raja Saul (1Sam 15:1-35), dan
- (e) musim-musim kekeringan atau kegelapan rohani yang dialami sebagian besar umat Allah pada waktu tertentu dalam kehidupan ini.
- 2) Belajar untuk mempercayai Allah dan tetap setia di tengah-tengah pengalaman yang berat menghasilkan buah iman teguh yang matang, watak teruji, ketaatan dewasa, dan perkenan Allah (bd. 2Kor 12:7-10). Di tengah-tengah ujian yang berat, Ayub menyatakan, "Karena Ia tahu jalan hidupku, seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas" (Ayub 23:10; bd. Za 13:9). Diuji oleh Allah belum tentu menjadi tanda bahwa Ia tidak berkenan atau menghukum kita, tetapi mungkin menjadi tanda dari maksud-Nya yang lebih besar bagi orang yang hatinya sedang diuji oleh-Nya.